Jumat, 24 Mei 2019

Suara Merdeka Gelar Gerakan Santri Menulis di Pon.pes Gani Tirtoasri Wonogiri


Dok-Gerakan Santri Menulis

Wonogiri 24-05-2019 - Gerakan Santri Menulis pada tahun 2019 diadakan di PonPes Gani Tirtoasri Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri yang dihadiri oleh , Ketua Kemenag Kabupaten Wonogiri , Camat Kecamatan Tirtomoyo . Acara tersebut dibuka dengan sambutan dari Bupati Wonogiri atau Yg Mewakili oleh Bapak Kuswarno selaku Camat Kecamatan Tirtomoyo . Kemudian dilanjut pemaparan materi oleh pembicara pimpinan redaksi Suara Merdeka.


Disini santri diberi pengarahan tentang jurnalistik. Mulai dari cara memunculkan ide, membuat judul yang menarik sampai menyusun kalimat yang ideal sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Para peserta sangat antusias dan aktif bertanya sehingga suasana menjadi hidup.

“Suatu berita harus mengandung unsur 5W+1H yaitu what, who, where, when, why dan how”, tutur ibu Syamsiah PimPimpi Redaksi Wartawan Suara Merdeka. Nah, jika tulisan kita sudah mengandung unsur tersebut, maka bisa disebut berita. Setelah kita sudah mau mencoba maka kita akan tahu kekurangan tulisan kita. Dan kedepannya tidak mengulangi kesalahan yang sama. Namun sebagian orang menganggap menulis itu hal yang sulit. Karena menuliskan ide-ide yang ada dalam pikiran kedalam tulisan itu bukan hal yang mudah. Perlu kebiasaan agar menghasilkan tulisan yang baik. Itu juga yang saya rasakan sampai saat ini. Masih banyak pilihan kata yang kurang tepat dan kalimat yang belum efektif. Oleh karena itu, dengan adanya Gerakan Santri Menulis memberikan manfaat yang besar bagi saya dan santri lain. Banyak ilmu yang kami dapat dalam kegiatan ini. Dan kedepannya  menjadi bekal  bagi kami untuk berkarya dalam bidang jurnalistik. Sehingga kami dapat menyebarkan informasi yang mudah dipahami dan bermanfaat bagi masyarakat.

 

Studi Kampus

Studi Kampus
IAIN SURAKARTA

Blogger news

PASKIBRAKA

PASKIBRAKA
Paskibraka Tingkat Kabupaten

Blogroll

About